Pages

Survey Penelitian Pasar

image : dailysocial.net
Bagi pelaku bisinis dalam hal ini perusahaan, peran survey adalah sebagai media untuk mengambil kebijakan-kebijakan bisnis yang penting menyangkut kepuasan konsumen, umpan balik konsumen, kondisi pasar dan perilaku konsumen.

Dalam pelaksanaan survey, sebuah istitusi atau perusahaan menyelenggarakan survey secara Offline dan Online,  dalam Survey Offline, peneliti menggunakan kuesioner tercetak untuk mengumpulkan data. Dimana Pembuatan ini memakan biaya yang cukup besar dan kurang ramah lingkungan. Ada kemungkinan responden malah menggunakan kuesioner ini untuk keperluan lainnya. Untuk memberikan jawabannya, responden dalam penelitian offline diharapkan mengembalikan jawabannya melalui faksimili atau mengirimkannya kepada peneliti. Selain membutuhkan biaya, proses ini juga membutuhkan waktu yang cukup banyak. Proses tabulasi data yang dilakukan secara manual dengan mengentri satu persatu juga memerlukan waktu yang cukup lama dan menuntut ketelitian sehingga berpeluang terjadinya kesalahan

Masalah lain dalam penelitian offline adalah lokasi atau keberadaan responden yang tersebar dalam jangkauan wilayah yang luas, sehingga tingkat pengembalian data dari responden kurang dapat dijamin.

Metode penyelenggaraan survey yang kedua adalah Survey Online atau melalui media internet mengingat perkembangan pengguna internet dari hari ke hari semakin meningkat menjadikan pengguna internet sebagai responden untuk penelitian-penelitian online. Kelebihan dari survey online adalah menghemat biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk mencetak kuesioner serta mengirimkan kuesioner baik dari peneliti kepada responden maupun dari responden kepada peneliti. Dasi sisi waktu penelitian online yang siaga 24 jam, serta kecepatan pengiriman data melalui email memberikan pengehematan waktu dalam pengiriman data dari peneliti kepada responden dan sebaliknya. Disamping itu jangkauan penelitian semakin luas sejauh di lokasi tersebut dapat mengakses internet. Dengan penelitian online ini kesempatan responden dari berbagai wilayah semakin besar untuk terlibat dalam pengisian kuesioner online. Penelitian online juga memungkinkan penyelenggaraan survei dalam berbagai bahasa. Dari satu penelitian dapat diterjemahkan ke berbagai bahasa, sehingga responden dari negara lain dapat ikut berpartisipasi. Penelitian online memungkinkan penggunaan berbagai multi media yang kaya variasi meliputi audio, video dan gambar sehingga tampilan dari kuesioner semakin mudah dipahami oleh responden dan jawaban yang diberikan akan semakin mengena.

Kuota responden dalam penelitian online hampir tidak terbatas, sejauh kapasitas database yang digunakan oleh peneliti. Untuk penelitian yang mensyaratkan jumlah kuota responden tertentu penelitian online ini akan sangat membantu.

Saat ini banyak media-media survey online yang beredar sehingga mudah kita temukan sebagai contoh iPanel Online Market Research Co. , perusahaan penyelenggara market research yang didirikan di Shanghai China tahun 2004, juga Paneland Market Research&Consulting Co.,Ltd.

Anda dapat mencoba survey online tersebut dengan meng-klik linknya untuk sekedar pengalaman, namun jangan lupa bahwa sebagai responden kita akan mendapatkan bayaran lho !!!



No comments:

Post a Comment