Print Friendly and PDF

Tips Merawat Kamar Mandi

gambar : aktual.com
Pada zaman dulu mungkin biasanya kamar madi atau toilet berada jauh dari rumah atau bahkan tidak punya kamar mandi sama sekali, jadi untuk keperluan mandi dan sebagainya, masyarakat masih menggunakan sungai atau pemandian yang bersifat umum, namun sekarang dengan semakin berkembangnya pemahaman akan kebersihan dan kesehatan, hampir setiap rumah memiliki kamar mandi.

Kamar mandi sendiri terdiri dari 2 kategori yaitu :
  1. Kamar mandi basah, yaitu kamar mandi yang didalamnya memiliki sarana penampungan air dimana orang akan menggunakan gayung untuk menyiram tubuhnya.
  2. Kamar mandi kering, yaitu kamar mandi dimana orang mandi dengan mengunakan shower
Perawatan untuk kebersihan kamar mandi mutlak diperlukan agar terhindar dari kuman penyakit dan bau, adapun perawatan yang dapat dilakukan adalah :

Perawatan sehari-hari
  • Menggosok dinding maupun lantai kamar mandi dengan karbol ataupun cairan pembersih lain secukupnya. 
  • Setelah itu, bilas dengan air bersih agar tidak ada kotoran atau lumut yang telanjur terakumulasi dan 
    sulit dibersihkan. 
Pembersihan besar seminggu sekali
  • Kloset, tuang sedikit pemutih ke dalam kloset, atau perciki dengan bubuk pembersih yang cocok, sikat dengan sikat kloset. Setelah itu, bilas sikat kloset dengan air sabun panas. Bersihkan dudukan kloset dengan cairan desinfektan, siram dengan air. 
  • Bak air, bila ada bagian yang kotor, siram dengan air sepanas mungkin selama beberapa saat agar mudah dibersihkan, lalu sikat, bilas sampai bersih dan keringkan. Bisa juga Anda gunakan cairan permbersih, tergantung bahan bak tersebut. 
  • Kran air, gosok dengan pembersih untuk stainless steel, bilas dengan air panas. Lap kran sampai kering. Bila kran air lama tidak digunakan, alirkan air panas, biarkan beberapa menit sebelum digunakan. (sumber : ayahbunda.co.id )
Khusus untuk kamar mandi yang terletak didalam kamar tidur, perlu memperhatikan beberapa hal yaitu :
  • Usahakan konsep yang digunakan adalah kamar mandi kering. Hal ini dimaksudkan agar tingkat kelembapan kamar mandi nantinya tidak akan berpengaruh pada suhu ruangan. 
  • Agar tampilannya berbeda, Anda bisa mengganti dinding kamar mandi dengan kaca jenis sunburst atau translucent . Jika Anda ingin yang lebih berani, Anda bisa menggantinya dengan kaca transparan. Semuanya kembali pada selera dan kebutuhan Anda. 
  • Pastikan penghawaan dan bukaan sudah optimal. Jika kamar mandi Anda tidak berbatasan langsung dengan area luar, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan exhaust fan . Bukaan dan penghawaan yang baik akan menghilangkan bau tidak sedap dari kamar mandi. 
  • Tambahkan pewangi ruangan pada kamar mandi Anda. 
  • Bersihkan kamar mandi Anda secara rutin.(sumber : ideaonline.co.id )

No comments: