Print Friendly and PDF

Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Kulit

gambar : fizare.com
Kecantikan seseorang tidak hanya dinilai dai seberapa indah perhiasan yang dipakai maupun seberapa bagus gaun yang dikenakan, tetapi juga ditentukan dengan faktor kebersihan dan kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit dapat dengan menggunakan atau mengkonsumsi makanan atau buah-buahan dsb, namun ternyata terdapat makanan-makanan yang berbahaya bagi kesehatan kulit, diantaranya :
  1. Makanan yang mengganggu keseimbangan air, Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering. Efek samping dari kulit kering yaitu munculnya kerutan. Keringnya sel-sel kulit mati juga bisa menyebabkan jerawat.
  2. Makanan dengan kandungan garam berlebih, Makanan yang mengandung garam yang berlebih dalam tubuh dapat menahan cairan dan menyebabkan pembengkakan pada kulit. Garam meja, acar, dan produk makanan kaleng adalah beberapa makanan yang mengandung garam berlebih.
  3. Makanan dengan kandungan kaefin berlebih, Kafein diketahui dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh dan meningkatkan proses penuaan yang ditandai adanya penipisan pada kulit. Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Maka dari itu sebaiknya kurangilah konsumsi teh, kopi, minuman soda dan cokelat.
  4. Alkohol dapat menghambat sekresi hormon anti-Diuretik sehingga mengakibatkan dehidrasi. Selain itu alkohol juga menyebabkan vasodilatasi yang membuat kulit mengeluarkan. Menurut American Academy of Dermatology, vasodilatasi juga menjadi penyebab kulit bersisik. 
  5. Makanan yang mengandung banyak gula, Makanan dengan kandungan gula berlebih menyebabkan kadar gula darah meningkat. Sekresi insulin dan androgen pun meningkat hingga menyebabkan sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang cenderung menimbulkan jerawat.
  6. Makanan Olahan, Makanan olahan seperti tepung halus, buah-buahan kaleng, dan jus dalam kemasan dapat meningkatkan kadar gula. Makanan tersebut juga megandung sodium dan garam yang tinggi. Selain itu, yang terpenting, nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit sudah berkurang jumlahnya dalam produk makanan olahan. 
  7. Makanan yang meningkatkan produksi radikal bebas, Radikal bebas diketahui dapat mengganggu struktur kulit dengan menghancurkan kolagen dan elastin, serat yang bermanfaat bagi struktur kulit. Contoh makanan yang bisa meningkatkan produksi radikal bebas adalah daging berlemak dan margarin. Makanan itu menyebabkan oksidasi lemak yang bisa menghancurkan nutrisi antioksidan seperti vitamin E dan lemak omega-3.
  8. Makanan mengandung pemanis atau pewarna buatan, Bahan kimia yang masuk dalam tubuh akan sulit dikeluarkan. Selama berada di tubuh mereka akan mendorong terjadinya proses produksi radikal bebas. 
  9. Diet ketat, Diet ketat bisa berefek pada dehidrasi yang juga berakibat pada berkurangnya antioksidan. Padahal, vitamin antioksidan (Vitamin A,C,E) bisa membantu melindungi struktur kulit dan menghindari kerusakan DNA.


Dikutip dari

No comments: