Print Friendly and PDF

Manfaat Berolah Raga

gambar : sehataja.com
Hari-hari yang begitu padat dengan kesibukan entah itu di kantor, pabrik, pasar, dsb, membuat orang yang tak lagi punya waktu untuk sekedar menggerakkan badan berolah raga, hari libur pun hanya diisi dengan malas-malasan. Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah dan sangat mudah untuk mengantuk. Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia sebenarnya sangat banyak antara lain :
  1. Dapat mencegah dan mengurangi stress. Dengan melakukan olahraga, maka aliran darah ke otak akan lancar sehingga akan mengurangi stress dan juga mencegahnya datang lagi.
  2. Membantu dalam mendapatkan berat badan yang ideal. Olahraga adalah cara terbaik untuk mendapatkan berat yang sesuai.
  3. Membantu metabolisme tubuh dan bisa meningkatkan energy dan stamina, olahraga sangat membantu anda dalam meningkatkan energy sehingga badan anda tidak mudah lelah.
  4. Membantu tidur menjadi yang berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah tidur dengan waktu yang cukup dan juga menyehatkan tubuh. Ini bisa didapatkan jika kita sering berolahraga.
Alasan sibuk dan tidak adak waktu untuk berolah raga, sebenarnya bisa disiasati dengan metode olah raga yang dilakukan mengikuti aktvitas pekerjaan kita sehingga baik kerja maupu olah raga bisa dilakukan bersamaan. Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk tetap berolah raga dalam kondisi sibuk pun, antara lain :
  1. Parkirkan kendaraan anda lebih jauh dari tempat bisasnya agar bisa berjalan kaki, kemudian gunakan tangga untuk naik ke lantai tujuan dari pada menggunakan lift. 
  2. Lebih memperbanyak berdiri daripada duduk, karena berdiri lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan pada saat duduk, misalnya menerima telephon dengan berdiri. Dan kalau mungkin kita bisa berjalan untuk mengunjungi rekan kerja untuk mendapatkan informasi daripada telephon atau e-mail. 
  3. Lakukan Peregangan tubuh disaat waktu istirahat. Gunakan waktu istirahat anda untuk berjalan-jalan dan melakukan peregangan tubuh. 
  4. Jaga Kecepatan, apabila kebetulan pekerjaan anda lebih banyak dilakukan dengan berjalan, maka tingkatkan kecepatan berjalan anda, semakin sering  dan semakin cepat kita berjalan, maka akan lebih banyak manfaat yang didapat



sumber :

No comments: