Print Friendly and PDF

Spirit Buat Anak-anak Penderita Kanker

gambar : media.viva.co.id
Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk: 
  • Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal) 
  • Menyerang jaringan biologis di dekatnya. 
  • Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis. 
Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi. 
Statistik resmi dari International Agency for Research on Cancer (IARC)  menyebutkan, 1 dari 600 anak menderita kanker sebelum umur 16 tahun. Anak penderita kanker yang berhasil dideteksi secara dini, umumnya memiliki kesempatan untuk sembuh hingga 70 persen
Sepertinya tidak adil apabila Tuhan menimpakan penyakit kanker pada anak-anak, mengapa penyakit yang mengerikan itu tidak ditimpakan pada orang-orang tua terutama yang telah banyak berdosa seperti pada para pejabat yang korup. Kalau boleh kita bandingkan, dosa yang diperbuat oleh anak-anak barang kali layaknya banjir yang hanya menggenangi telapak kaki saja, sedang dosa yang telah diperbuat oleh para koruptor mungkin layaknya banjir yang telah menggenangi hingga ubun-ubun.
Namun terlepas dari pada itu ada sedikit kata yang bisa penulis sampaikan pada blog ini sebagai pemberi semangat buat anak-anak tercinta yang kebetulan sedang menderita kanker.
Ada pernyataan bahwa didunia ini selalu hidup berpasangan, ada siang ada malam, ada laki-laki ada perempuan, ada suka dan ada duka dsb, namun buat kalian anak-anak penderita kanker pernyataan itu tidaklah benar, karena apapun yang terjadi semuanya akan baik buat kalian.
  1. Bagi penderita kanker yang berhasil disembuhkan itu berarti Tuhan telah memberimu keajaiban yang dengan menyembuhkanmu, bangkitlah dan berkaryalah, ubahlah dunia menjadi lebih baik.
  2. Namun bagi yang divonis tidak sembuh, itu berarti Tuhan sudah tidak sabar ingin segera memeluk kalian dengan memberi rahmat dan kasih sayang yang tiada terhingga.
  3. Penyakit yang kalian derita bukanlah suatu kekurangan, tetapi justru merupakan kelebihan karena Tuhan memperhatikan kalian dengan memberi kalian pilihan yang sama indahnya.
Terakhir, melalui blog ini, penulis menyampaikan salam hangat, Do'a, peluk dan cium dari kejauhan.
Semangat anak-anakku. !!!

 

No comments: