Print Friendly and PDF

Refreshing

Villa
gambar : tamanbougenville.com
Rutinitas pekerjaan setiap hari kadang-kadang meninggalkan kepenatan dan kejenuhan, kita membutuhkan waktu untuk sekedar melepaskan kepenatan tersebut. Ada satu kosa kata dalam bahasa Indonesia yang berbunyi : "Rekreasi" , yaitu suatu acara untuk melepas lelah dan penat akbat rutinitas tadi dengan cara-cara tertentu misalkan mengunjungi tempat-tempat wisata atau kegiatan lainnya. Rekreasi sendiri berasal dari bahasa latin  re-creare yang berati membuat ulang , sebuah kegiatan dalam rangka menyegarkan kembali jasmani dan rohani bisa berbentuk aktivitas wisata, olah-raga, atau sekedar menyalurkan hobby seseorang. Rekreasi ini biasanya dilakukan pada waktu luang misalnya hari libur atau akhir pekan dimana seseorang akan merasakan kepuasan dan kenikmatan pribadi dan setelah itu bersiap kembali melakukan aktivitasnya.
Secara umum rekreasi ini terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu rekreasi yang dilakukan didalam ruangan   ( indoor ) dan yang dilakukan di luar ruangan ( outdoor ). Untuk yang outdoor terdapat berbagai macam lokasi rekreasi yang bisa kita tuju antara lain ; 
  • Tempat wisata hiburan atau wahana tertentu misalnya Dunia Fantasi,  Trans Studio dll
  • Tempat Wisata yang bertemakan laut atau pantai misalkan pantai Kuta Bali, Pantai Pangandaran Jawa Barat dll, 
  • Ada juga lokasi rekreasi bertemakan alam pengunungan dengan ciri khas adanya Villa, Cottage, Outbond, misalnya Puncak, Taman Bougenville Bandung Selatan.
  • Beberapa tahun belakangan mulai menjamur jenis wisata lain yaitu wisata belanja, dengan mengunjungi tempat-tempat belanja dengan kata lain belanja sambil rekreasi atau sebaliknya rekreasi sambil belanja juga wisata kuliner dengan mengunjungi tempat yang menyajikan makanan khas atau beragam makanan lainnya.
  • Wisata Pendidikan, selain untuk melepaskan kejenuhan, jenis wisata ini juga menyajikan sarana yang memberikan wawasan pengetahuan mengenai tema tertentu, misalnya Candi Borobudur, Wahana Science, Sea World, Museum

Pada akhirnya semua kembali kepada selera masing-masing, kegiatan rekreasi ini nantinya akan sangat bergantung pada keinginan, ketertarikan, budget serta promosi yang didapat dari agen wisata.


4 comments:

Indra Kusuma Sejati said...

Refresing merupakan langkah terapi sederhana untuk melelpas kepenatan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti atau pun melakukan wisata perjalanan, maka kita akan dapat meringankan beban pikiran, dan dapat membuat suasana baru dalam kehidupan kita.

Sukses selalu
Salam wisata

ridwan_ansyori_ said...

main dong ke Bandung, saya traktir deh mas...sekalian ngadem gitu..

Anonymous said...

wisata dirumah sahabat mempererat silaturahmi. ditunggu undangannya, sekalian ongkos PP nya ya ??

ridwan_ansyori_ said...

nah..nah..itu dia..berat diongkoss...