Print Friendly and PDF

Tips Memanfaatkan Handuk Lama

Handuk Lama
gambar : michelemademe.com
Handuk yang mungkin sudah tidak terpakai lagi karena warnanya sudah usang atau tidak lagi nyaman untuk dipakai, jangan buru-buru dibuang, simpan disuatu tempat untuk dapat dipakai atau dimanfaatkan menjadi benda-benda lain yang berguna.
Selain berguna, kreativitas kita tersebut dapat pula sebagai ajang menghemat pengeluaran keuangan kita.
Benda apa saja dapat dibuat dari bahan handuk lama yang tidak kita pakai lagi ?, berikut beberapa benda yang dijadikan pertimbangan :

1. Kain Pembersih,  Lap adalah barang yang dianggap sepele namun keberadaanya cukup penting untuk membersihkan barang-barang yang berada dirumah kita. Kita membutuhkan lap untuk membersihkan kursi, TV, Lemari, pernak-pernik aksesoris rumah yang berdebu, meja yang terkena tumpahan air, Sepeda motor atau kendaraan yang juga berdebu dll. Apabila kita pergi ke pasar atau ke supermarket sengaja untuk membeli lap, maka kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkannya, jadi mengapa tidak kita gunakan handuk lama yang sudah tidak dipakai kemudian dipotong sesuai ukuran yang dibutuhkan untuk mengelap barang-barang dirumah kita ? 

2. Selimut Besar Saat Piknik/Berkemah, Lama handuk dapat dijahit bersama-sama untuk membuat selimut piknik besar. Ambil 4-6 handuk mandi besar, dan kemudian dijahit menggunakan mesin jahit atau dijahit secara manua maka kita sudah mempunyai selimut yang dapat kita gunakan pada kegiatan piknik outdoor misalnya berkemah dll. 

3. Lap piring, Handuk lama yang kita miliki barangkali sudah tidak menyerap air bila digunakan dibadan kita sesaat setelah mandi, namun apabila digunakan untuk mengelap piring yang basah, handuk tersebut masih cukup baik menyerap cairan yang ada dipiring atau benda-benda lain yang basah sehabis dicuci. 

4. Alas dan Cover Papan setrika, Apabila Papan setrika di rumah kami telah rusak, kotor karena sering digunakan, Anda dapat dengan mudah membuat penutup papan setrika baru dengan menggunakan handuk dan sprei tua. Potong handuk lebih besar setrika ukuran papan setrika kemudian dibentuk sedemikiaan rupa dengan cara dijahit sehingga bisa membungkus permukaan papan setrika. Memang dibutuhkan keterampilan menjahit  dan sedikit waktu, dan namun itu cara ini pasti  lebih murah daripada membeli penutup yang baru. 

5. Piyama Renang untuk Anak, Apabila anda memiliki keterampilan menjahit, maka bukannya suatu hal yang sulit mengubah handuk lama kita menjadi baju atau piyama mandi bagi anak-anak kita.

6. Celemek/Oto Buat Bayi , Bagi yang mempunyai anak yang masih balita, kadang-kadang kita disibukan dengan mengganti pakaian anak karena terkena makanan atau minuman yang tumpah pada saat anak kita tersebut disuapi. Handuk lama kita bisa disulap menjadi celemek/oto dengan memotong sesuai ukuran serta menjahitnya, bisa juga diberi hiasan-hiasan yang bertema anak-anak agar oto hasil karya kita tersebut terlihat cantik.

8. Sikat Mandi, Buat anda yang terbiasa menggunakan sikat mandi namun tidak menyukai sikat yang kasar dan keras, anda dapat menggunakan handuk lama anda setelah dibentuk menjadi sikat mandi/ menjadi scrubber mandi (juga dikenal sebagai poufs) maka anda akan mendapatkan sikat mandi yang sedikit lebih lembut .

9. Wash Lap , Potong handuk lama anda persegi kemudian jahit pinggirannya, maka handuk lama tadi sudah berubah bentuk menjadi wash lap yang dapat kita gunakan untuk mengelap badan. Simpan ditempatnya dan apabila akan digunakan, masukan kedalam air hangat, kemudian peras dan siap untuk digunakan mengelap tubuh/badan kita.

10. Pelindung Lutut ,Jika Anda sering melakukan aktivitas secara berlutut, misalkan berkebun, maka anda memutuhkan bantalan yang melindungi lutut kita dari kerasnya permukaan tanah . Potong handuk lama anda secara persegi kurang lebih 6 inchi sebanyak 4 - 5 lembar, kemudian tumpuk dan siap digunakan sebagai bantalan, maka berlutut tidak lagi menyakitkan buat anda.  

11. Penutup Lubang Angin , Kadang-kadang, angin yang masuk ke rumah kita melalui celah-celah pintu atau jendela membuat kita tidak nyaman dan mungkin membuat kita sakit. Gulunglah handuk lama kita sepanjang celah pintu dimana angin masuk. Tidak perlu keahlian khusus dan tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

12. Lap Pel, Anda bisa menggunakan handuk lama kita sebagai lap pel tradisional atau lap pel yang menggunakan tongkat. Potong beberapa helai handuk, kemudian tumpuk dan pasang pada alat pengepel , maka kita sudah siap membersihkan lantai kapan saja. Murah dan gampang. 

13. Sarung Bantal , Suatu saat anda menemukan handuk lama yang sudah tidak dipakai lagi tetapi dalam kondisi warna dan pemukaannya masih relatif bagus, mengapa tidak anda coba berkreasi dengan memotong handuk lama tersebut sesuai pola yang kita inginkan untuk dibuat menjadi sarung bantal yang kita gunakan untuk tidur atau sebagai alas duduk, bisa juga dibuat menjadi dekorasi di kamar mandi. Potong persegi kurang lebih 10 - inch, dapat pula ditambah pernak-pernik dari bahan handuk lama yang berbeda warnanya sehingga kelihatan cantik dan menarik.

14. Packing Material , Apabila kita pindah rumah atau bepergian jauh dengan membawa barang pecah-belah gunakan handuk lama kita untuk membungkus barang-barang tersebut sebelum dimasukan kedalam tas atau kotak sehingga barang-barang tersebut terlindungi dari benturan dengan barang lainnya, bisa juga melindungi barang dari goresan-goresan selama perjalanan.

15. Aksesories Superhero buat anak , Banyak tokoh-tokoh super hero yang menjadi idola anak-anak seperti Superman, Batman, Supergirl dll, untuk membuat anak-anak kita senang, mengapa tidak kita manfaatkan handuk lama kita menjadi jubah Superman, Batman, atau Supergirl. Kita hanya perlu menambahkan tali pengikat pada ujungnya dan menambahkan lencana dan pacth dari barang bekas lainnya. Memang sangat sederhana namun saya yakin anak kita akan sangat merasa senang.

16. Sarung Tangan, Apabila anda memiliki kemampuan menjahit yang baik, anda dapat merubah handuk lama menjadi sarung tangan untuk melindungi tangan pada saat mengangkat panci, oven, atau alat masak lainnya yang masih panas dari atas kompor, atau mengangat kue/cake yang anda buat dari dalam oven atau microwave.


Cukup sederhana bukan ?


2 comments:

Anonymous said...

Betul..betul..sangat benar semua.
Saya malah lebih suka menggunakan bahan handuk dalam bersentuhan dengan kulit. Rasanya lebih bersih.. Tapi sayang, kalau sampahnya sudah nempel dan menebal.. direndam lupa nyucinya.
Tapi, dasarnya menggunakan sisi ke hal yang lebih manfaat kebawah, tergantung kreatifitas seseorang.
Saran bagus! terima kasih.

ridwan_ansyori_ said...

terima kasih atas kunjungannya bu, mudah-mudahan apa yang telah saya sampaikan meskipun dengan kadar ilmu yang tidak seberapa ada guna dan manfaatnya..