Print Friendly and PDF

Handuk Microfiber

Selain handuk yang berbahan dasar serat cotton yang selama ini kita gunakan, terdapat juga handuk yang terbuat dari bahan Microfiber yang memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan handuk yang terbuat dari serat cotton.
image : kaskus.com
Barangkali sebagian orang belum mengenal apa itu Microfiber, jadi mari kita bahas mulai dari pengertian serta berbagai kelebihan sari Microfiber apaila kita bandingkan dengan handuk yang terbuat dari cotton.

Apa itu microfiber ?
Secara umum, microfiber adalah serat sintetis , Serat biasanya polyester dan nilon , yang diproses tanpa menggunakan bahan kimia, Serat dibagi berkali-kali sehingga ukuran diameternya lebih kecil dari rambut manusia sehingga kain microfiber mampu membersihkan hingga menjangkau daerah yang tersembunyi yang ada dicelah-celah atau ceruk-ceruk permukaan suatu benda yang dapat dijangkau oleh handuk cotton atau handuk kertas/tissu sekalipun. Selain daripada itu, microfiber mampu menyerap cairan 7 hingga 8 kali berat dirinya juga yang tak kalah uniknya. Secara umum pula serat menghasilkan muatan listrik statis ketika bergerak melintasi permukaan dan menarik atau mengisap debu dan menahannya sehingga tidak menyebarkan atau melepaskannya kembali ke udara.

Umumnya untuk microfiber memiliki ukuran 1,0 denier atau lebih kecil . Semakin kecil ukuran denier , maka akan lebih halus dan lebih efektif microfiber tersebut . microfiber dengan type superior berukuran 0,13 denier. Dari microfiber ini banyak produk yang dihasilkan, dalam hal ini produsen akan menyesuaikan kerapatan tenunan, berat dan penyesuaian lain yang diperlukan untuk penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa keunggulan microfiber ?
  1. Seperti telah sedikit dibahas diatas, microfiber mampu menyerap cairan 7 hingga 8 kali berat dirinya atau 1 permukaan microfiber sama dengan 4x permukaan kain cotton. 
  2. Produk microfiber juga bermuatan positif , hal tersebut berarti mereka menarik material bermuatan negatif seperti kotoran dan lemak . Ciri-ciri dari microfiber memungkinkan Anda untuk membersihkan permukaan tanpa bahan kimia. 
  3. Keuntungan lain dari microfiber adalah tidak seperti kapas , microfiber mengering lebih cepat , sehingga sulit bagi bakteri untuk tumbuh di dalamnya 
  4. Microfiber tahan lama dan dapat digunakan kembali, bisa dicuci seribu kali sebelum kehilangan efektivitasnya 
  5. Efektif dalam menangkap mikroba : Beberapa studi menunjukkan bahwa microfiber lebih baik dari kapas dalam hal menangkap bakteri . The University of California , Davis Medical Center membandingkan jumlah bakteri ditangkap oleh kain cotton dan dengan pel microfiber . Kain cotton mengurangi bakteri di lantai dengan 30 % , sedangkan bakteri microfiber dapat mengurangi hingga 99 % .


2 comments:

fery mipacko said...

mantap...
nitip jemuran om... hehehe
http://lapmicrofiber.blogspot.co.id/2016/08/handuk-microfiber-versus-handuk-katun.html

Unknown said...

Simple & tahan lama 👍👍