Print Friendly and PDF

Banjir dan Inflasi

image : voanews.com
Musibah banjir yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah Ibu Kota Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia tidak hanya berdampak pada kerusakan atau kerugian secara fisik baik itu robohnya bangunan, rusaknya kendaraan yang terendam banjir atapun adanya korban jiwa yang diakibatkannya.

Pengertian Banjir
Seperti kita ketahui peristiwa banjir adalah tergenangnya suatu wilayah daratan yang diakibatkan oleh sejumlah hal antara lain tingginya intensitas curah hujan yang tidak dapat diimbangi oleh daya serap tanah. 

Pengertian Inflasi 
Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. (wikipedia)

Beberapa pengamat menilai bahwa peristiwa banjir ini akan berdampak pada melonjaknya inflasi di Indonesia, hal ini dikarenakan terhambatnya distribusi berbagai komoditas atau dengan kata lain terganggunya jalur distribusi terutama pangan maupun barang dan jasa lainnya.

Fenomena ini tentunya akan berdampak pada melonjaknnya harga barang dan jasa, tertutama bahan makanan. Padahal aspek harga bahan makanan inilah yang merupakan Volatile Foods atau komponen inflasi yaitu yang mencakup beberapa bahan makanan yang harganya sangat berfluktuasi

Meskipun volatile food ini sebenarnya  sangat dipengaruhi oleh harga-harga barang dan jasa yang tercermin dari Indeks Harga Konsumen (IHK) yang meliputi :

(1) Bahan makanan 
(2) Makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau ; 
(3) Perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar; 
(4) Sandang; 
(5) Kesehatan; 
(6) Pendidikan, rekreasi dan olah raga serta terakhir 
(7) Transport dan komunikasi dan jasa keuangan. 

Artinya jika ada kenaikan harga dari ketujuh kategori di atas, maka komponen volatile foods akan bergerak naik dan mendorong laju inflasi domestik. Khusus kenaikan harga bahan makanan, dikenal juga dengan istilah Agflasi atau agriculture inflation yaitu inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga-harga produk pertanian. Pun demikian peristiwa musibah banjir yang menghambat pendistribusia berbagai komoditas barang dan jasa terutama bahan pangan akan pula mengakibatkan melonjaknya harga di pasaran hal ini sudah barang tentu turut menyumbang pada melonjaknya inflasi di Indonesia.





3 comments:

Hasriyani muting said...

Efek dari banjir itu lebih banyak ruginya ya. Saya prihatin melihat ibu kota yang tergenang manjir.

ridwan_ansyori_ said...

iya bunda, seharusnya kita saat ini banyak-banyak istighfar melihat bencana yang sering sekali terjadi disekitar kita. Mudah mudahan tidak menjadi azab ya bunda..
terima kasih ya..

Anonymous said...

KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN Email: fundingloanplc@yahoo.com

 Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit rendah dan Anda merasa sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban biaya bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, hingga pendidikan hingga pembelian unik

** Apakah Anda terjepit secara finansial?
** Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang?
** Apakah Anda mencari keuangan untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?
** Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan?
** Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek besar?

Kami menawarkan berbagai macam layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Usaha, Pinjaman Swasta, Refinancing Rumah, Pinjaman Hotel, pinjaman mahasiswa dengan tingkat bunga sangat rendah 2% .. Untuk mengajukan pinjaman, hubungi kami dengan menggunakan rincian seperti yang dinyatakan dan bebas dari penipuan, Email: fundingloanplc@yahoo.com ATAU Panggil / Teks +14067326622