Print Friendly and PDF

Kapan Saat yang Tepat untuk Keluar dari Pekerjaan

image : www.abrs.com
Dalam dunia profesional bukanlah suatu hal tabu apabila seorang pegawai mengundurkan diri atau resign hal tersebut wajar-wajar saja terjadi, namun perlu dipahami pada saat mana  dan dengan alasan apa kita keluar dari pekerjaan kita.
Berikut akan saya kupas sedikit waktu-waktu yang tepat bagi kita  memutuskan untuk mengundurkan diri atau resign atau keluar dari pekerjaan,
  1. Pertama, pada saat kinerja sedang bagus-bagusnya. Inilah saat terbaik untuk resign karena nama kita sedang harum dan kita akan dikenang sebagai seorang profesional yang sukses.  
  2. Saat terbaik kedua untuk resign adalah ketika kita menyadari bahwa pekerjaan yang sedang kita jalani sekarang ini bukanlah panggilan jiwa (calling) kita walaupun faktor-faktor lain seperti penghasilan dan lingkungan kerja sangat baik dan mendukung. 
  3. Saat terbaik ketiga untuk resign adalah ketika sudah meninggalkan sesuatu yang berguna. Tujuan bekerja adalah untuk berkontribusi dan memberikan value kepada perusahaan. Karena itu kita perlu meninggalkan warisan (leaving a legacy) yaitu meninggalkan sesuatu yang merupakan karya kita yang masih terus bisa dinikmati oleh perusahaan sekalipun kita sudah tidak bekerja disana lagi. 
  4. Saat terbaik keempat untuk resign tentu saja kalau ada tawaran yang memberikan paket yang lebih baik dalam semua hal. 
  5. Dan alasan yang kelima adalah ketika kita menyadari bahwa perusahaan kita menjalankan bisnis yang bertentangan dengan nilai-nilai kebaikan.

Namun dalam proses pengunduran diri, kita perlu berhitung dengan matang berbagai kemungkinan yang akan terjadi baik positif maupun negatifnya bagi kita sendiri maupun untuk keluarga dan hendaknya mengetahui pada saat mana waktu yang tepat bagi kita mengundurkan diri atau resign.

Usahakan tidak resign pada saat prestasi atau kinerja kita tengah dalam kondisi buruk karena akan menimbulkan kesan bahwa kita adalah orang yang telah gagal, sebutan ini akan sangat menyakitkan bagi seorang profesional karena menyangkut harga diri. Hendaknya kita resign pada saat kinerja kita sedang pada puncak prestasi karena perusahaan akan mengenang kita dengan torehan prestasi yang telah kita tinggalkan.

Usahakan resigh ketika semua pekerjaan atau proyek yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita telah selesai dengan baik serta meninggalkan karya yang berguna bagi perusahaan meskipun kita telah keluar dari perusahaan tersebut. Banyak sekali sebagian dari kita yang resign begitu saja dan meninggalkan pekerjaan-pekerjaan karena tergiur oleh tawaran-tawaran ditempat lain ini bukan sekedar untuk menciptakan image dan track record Anda tetapi untuk kepuasan spiritual dan kebahagiaan Anda sendiri. Dengan menyelesaikan projek sampai tuntas Anda sesungguhnya tengah membangun harga diri dan kepercayan diri yang tinggi yang akan sangat menentukan karir Anda di masa depan.





sumber :

No comments: