Print Friendly and PDF

Apa Saja Manfaat Air Bagi Tubuh

Pada saat musim kemarau banyak sekali daerah yang terkena kekeringan, krisis air bersih hampir merata disemua daerah tak terkecuali perkotaan.
Seperti kita ketahui, air digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari mencuci, memasak dan yang tak kalah penting adalah air untuk dikonsumsi/diminum.

Air menguasai hampir 65 %  dari tubuh kita, kekurangan cairan pada tubuh akan fatan akibatnya. Maka tidak salah apabila banyak kalangan menilai bahwa  "Menahan haus jauh lebih susah daripada menahan lapar."
Air yang kita minum otomatis akan mensuplai organ-organ tubuh penting kita, yakni :
  1. Ginjal. Ketika buang air kecil, ginjal memfasilitasi dengan membiarkan cairan kotor dan racun keluar dari tubuh. Air putih mutlak diperlukan agar operasional ginjal tetap terjaga.
  2. Saluran pencernaan, karena air putih melancarkan sistem metabolisme tubuh. 
  3. Kulit. Cairan dalam tubuh menguap lewat pori-pori kulit. Ini disebut keringat. Saat berkeringat, tubuh kekurangan cairan. Air putih dibutuhkan untuk menjaga agar suhu tubuh stabil. 
  4. Paru-paru. Kita kehilangan cairan ketika paru-paru menarik dan membuang napas. Dibutuhkan air putih untuk menyokong paru-paru menjalankan fungsi utama.
Selain dari air yang kita minum, cairan juga dapat dihasilkan dari makanan yang kita makan misalkan buah-buahan yang mempunyai kadar air yang cukup, sayur berkuah bening dll.

Terdapat sejumah penelitian yang melegitimasi manfaat cairan bagi tubuh, yaitu :
  1. Penelitian Jurnal Epidemiologi Amerika menyebut risiko terkena serangan jantung bagi mereka yang mengonsumsi air putih (lebih dari lima gelas sehari) susut hingga 41 persen. Berbahagialah Anda yang menggemari air putih karena tubuh yang kecukupan cairan mampu mengikis risiko kanker usus 45 persen dan kanker kandung kemih hingga 50 persen. 
  2. Mencegah sakit kepala. Saat sakit kepala menyerang, yang biasanya kita mencari obat pereda sakit kepala bukannya mencari penyebab rasa sakit itu, padahal mayoritas sakit datang karena tubuh kekurangan cairan. Saat migrain datang, pertolongan pertamanya bukan obat pereda saki tetapi air putih, Teori ini sejalan dengan hasil riset Universitas Maastricht, Belanda, bahwa mereka yang konsisten minum 1,5 liter air putih, sakit kepalanya berkurang 21 jam. 
  3. Menghindari pikun. Otak terdiri dari air. Dehidrasi bisa mengurangi fungsi otak dalam berpikir. Agar bekerja maksimal, otak butuh banyak oksigen. Salah satu sumber oksigen: air. Dengan minum air putih, kita turut memastikan kebutuhan oksigen otak terpenuhi. Minum 8-10 gelas air putih tiap hari memperbaiki tingkat performa kognitif hingga 30 persen!




sumber :
http://www.tabloidbintang.com/
gambar :
pustaka.pu.go.id

No comments: