Print Friendly and PDF

BPJS dan Strategi Keunggulan Rumah Sakit

Seperti kita ketahui program pemerintah yang menyangkut kesehatan masyarakat dengan diluncurkannya BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Program ini akan berdampak pada sistem pelayanan disegala tingkatan khusunya Rumah Sakit.
BPJS ini menekankan pada pemberian pelayanan berdasarkan indikasi medis dengan biaya terbatas pada terapi tetapi harus sesuai dengan standar minimal pelayanan medis yang berlaku, hal inilah yang mengharuskan Rumah Sakit menerapkan strategi untuk melakukan effisiensi . Pendekatan strategi rantai nilai (value chain), pembenahan sistem operasional, serta optimalisasi sumberdaya harus dilakukan.
Berikut beberapa aspek minimal yang menjadi cakupan strategi effisiensi Rumah Sakit yang dapat dilakukan, antara lain :
  1. Unit Gawat Darurat , relasi dengan unit lain harus sangat diperhatikan baik kases langsung,akses yang harus selalu siap sedia, maupun akses pelayanan selanjutnya.
  2. Farmasi, dilakukan identifikasi alur, pemenuhan kebutuhan obat tanpa stok berlebih, meningkatkan akurasi proyeksi kebutuhan, jamina kelancaran pasokan, dan aliran informasi dari berbagai unit.
  3. Poliklinik, Ketepan jadwal, dan sistem informasi managemen
  4. Rawat Inap, Diupayakan tercapai angka tingkat hunian rawat inap dan lamanya hari yang ideal.
  5. Laboratorium, Memperhatikan standar waktu pemeriksaan, penetapan standar kualitas, dan akurasi hasil
  6. Bagian Keuangan dan Administrasi, Sistem informasi dan managemen yang terintegrasi , analisis vendor, kebutuhan sumberdaya, dsb.
Aspek-aspek diatas harus pula di sertai dengan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif, mau belajar dan tidak alergi terhadap perubahan. Untuk membentuk kualitas sumberdaya manusia tadi mutlak dilakukan pelatihan dan pendidikan.
Yang harus pula kita garis bawahi bahwa effisiensi yang dilakukan pihak Rumah Sakit tidak diartikan sebagai penurunan tingkat kualitas pelayanan, namun sebaliknya effisiensi ini dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan yang akan meningkatkan daya saing rumah sakit itu sendiri.

Pada akhirnya mudah mudahan diluncurkannya BPJS ini akan menjadi awal dari perubahan kultur pelayanan rumah sakit untuk semakin effisien, kompetitif dan berkualitas yang nantinya akan berdampak positif bagi pelayanan kepada masyarakat secara umum.







Sumber :
BPJS dan Strategi Keunggulan RS
Novi Kadarini Rahayu
Konsultan Manajemen Strategi Rumah Sakit
Dimuat Harian Umum Pikiran Rakyat - 2013

Gambar :
sosbud.kompasiana.com

No comments: