Print Friendly and PDF

Program Penurunan Berat Badan

gambar : scambook.com
Tubuh dengan berat ideal memang menjadi dambaan semua orang terutama bagi kaum wanita tak terkecuali kaum pria. Bagi orang yang kelebihan berat badan sebenarnya tidak menjadi masalah selama dia merasa sehat-sehat saja, namun dari berbagai penelitian, tubuh yang terlampau gemuk memungkinkan timbulnya berbagai penyakit seperti yang dimuat di health.kompas.com , Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa obesitas telah menjadi suatu epidemi global dan lebih dari 1 miliar orang dewasa di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan dan 300 juta orang di dunia mengalami obesitas. Ini jelas bukan angka yang kecil. Mengingat obesitas dan kelebihan berat badan merupakan faktor risiko meningkatnya penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke. Ironisnya, tidak semua orang obesitas memahami ini. 

Untuk mengetahui berat badan ideal dengan tinggi badan yang kita miliki, kita dapat menggunakan 2 metode yang biasa digunakan, yaitu : 

Perhitungan Berat Ideal Konvensional
Berat Badan Ideal (BBI) bayi (anak 0-12 bulan)
BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

BBI untuk anak (1-10 tahun)
BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

Remaja dan dewasa
BBI = (TB - 100) - (TB - 100) x 10%
atau
BBI = (TB - 100) x 90%

[Ket:]
TB = Tinggi badan (cm)


Berat Ideal versi Rumus BMI
BMI (Body Mass Index) adalah suatu rumus kesehatan, di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).

BMI = (BB) / [(TB) * (TB)]
Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka

BMI = (45) / [(1.65) * (1.65)] = 16.5
Apakah Anda termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini:
BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)
BMI 18.5 - 24 = normal
BMI 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)
BMI >30 = obesitas

Body Mass Index Table



Tips Menurunkan Berat Badan 
Orang yang memiliki badan dengan berat badan berlebihan (gemuk) biasanya diakibatkan oleh pola makan yang tidak seimbang, stress, faktor keturunan dll, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan mulai dengan latihan olah raga, diet ketat, penggunaan obat/ramuan pelangsing, berikut saya coba bahas mengenai tips-tips melangsingkan tubuh secara sehat, yaitu : 

  1. Kedisiplinan , bagaimanapun bagusnya program pelangsingan tubuh, akan sia-sia saja apabila kita tidak memiliki kedisiplinan serta tekad yang kuat. Mulailah sekarang program penurunan berat badan dengan niat dan tekad yang kuat serta disiplin yang tinggi. 
  2. Tidak Terlampau Memaksakan diri, Ikuti program penurunan berat badan secara wajar dengan menerapkan target yang masuk akal, apabila kita terlalu memaksakan diri dalam menjalani program dengan memasang target yang berlebihan, maka badan bukannya langsing dan sehat , tetapi malah sakit  hal ini disebabkan akan terganggunya proses metabolisme tubuh sehingga kesempatan lemak menimbun dalam tubuh pun makin besar. 
  3. Tetap Sarapan Pagi , program penurunan berat badan yang dilakukan, jangan menghapus sarapan atau makan pagi, untuk mempercepat pembakaran cobalah sarapan lebih awal dari biasanya, mis. biasanya jam 9 cobalah menjadi jam 7, perlu pula diperhatikan menu sarapan, hindari makanan yang mengandung lemak yang tinggi. 
  4. Berolah Raga, berolah raga secara teratur terbukti banyak membakar lemak tubuh, maka sempatkanlah untuk menggerakkan tubuh dapat berupa fitness, jogging, atau hanya berjalan-jalan mengelilingi rumah atau ruangan kerja di kantor. 
  5. Perhatikan Pola Makan, Untuk menurunkan berat badan, terdapat tips yang menyangkut makanan dan minuman, diantaranya perbanyak minum air putih 8 – 20 gelas per hari dimana hasil penelitian membuktikan dalam 1 tahun dapat menurunkan berat badan 2.5 kg meskipun tanpa diet sekalipun. Perbanyak makanan yang kaya serat baik buah ataupun sayur karena juga punya peran besar dalam mengusir lemak, namun perlu diingat, sebaiknya anda tetap memasukkan unsur protein dalam makanan untuk meningkatkan metabolisme tubuh
sumber :     http://www.femina.co.id/

No comments: