Print Friendly and PDF

Usaha Kecil Dari Handuk

Beratnya himpitan beban ekonomi ditengah melambungnya harga-harga kebutuhan pokok membuat sebagian orang berkeluh kesah, apalagi efek domino dari kenaikan harga BBM menambah panjangnya rantai kesulitan yang mungkin dialami oleh sebagian masyarakat.  Namun janganlah kita sampai berputus-asa masih banyak jalan untuk mencapai keberhasilan atau setidaknya memperbaiki  kwalitas hidup.
gambar : diytrade.com
Ada hal-hal kecil yang terlewatkan oleh kita namun dengan sentuhan ide dan kreatifitas bukan tidak mungkin hal-hal kecil itu bisa menjadi sumber tambahan penghasilan keluarga. Sebagai contoh, bahan handuk dapat kita rekayasa menjadi barang-barang yang mempunyai nilai jual, ide-ide kreatif ini antara lain : 
  • Belajar seni melipat handuk untuk hantaran pada acara pernikahan, handuk bisa dibentuk seperti gajah, angsa dll, apabila kita dapat menguasai seni ini, kita bisa menawarkan jasa kita buat orang yang akan mengadakan acara pernikahan
  • Belajar melipat handuk menjadi bentuk-bentuk unik seperti yang kita kenal dengan towel cake, kita bisa menjualnya secara langsung atau melalui social media online. Bisnis ini relatif tidak memerlukan modal yang besar namun kreatifitaslah yang menjadi modal utamanya.
  • Lazimnya semua punya handuk, namun apabila kita perhatikan handuk yang dimiliki adalah handuk standar yang beredar dipasaran namun bagaimana kalau kita pergi ke toko atau grosir handuk, kemudian kita beli handuk yang gramasinya serta ukurannya kecil lalu kita bordir dengan tulisan nama kita atau anak kita ? coba dipromosikan ke teman atau kerabat kita, apalagi buat ibu-ibu yang suka mengantar anak sekolah TK atau SD, saya yakin mereka akan tertarik untuk memesannya 1 atau 2 buah. Kita bisa membeli handuk ke grosir handuk agar harganya bisa lebih murah dan membordirnya ke tempat-tempat bordir komputer  terdekat.
  • Bagi kita yang memiliki kemampuan design grafis dan keahlian dalam proses percetakan, barangkali bisa kita coba membuat gambar yang bagus seperti foto artis, karakter kartun dll atau mungkin foto anak kita. Tidak ada salahnya dicoba untuk dipromosikan.

Memang tulisan diatas tidak semudah yang kita bayangkan, namun keberhasilan hanya akan didapat dengan usaha disertai  keuletan dan kesabaran,  dan kesuksesan itu tidak semudah membalikan tangan.

No comments: