Print Friendly and PDF

Proses Pembuatan Handuk

Dalam proses pembuatan handuk dikenal sebuah alat/mesin yang berfungsi sebagai penenun benang (Mesin Tenun), dihampir banyak pabrik pembuatan handuk proses pembuatan handuk menggunakan Mesin Jaquard .
Mesin ini ditemukan oleh Josep Marie Jacquard sekitar tahun 1793 di Perancis, mesin jacquard itu sendiri adalah mesin tenun yang dilengkapi lembaran kartu-kartu berlubang atau dikenal dengan istilah Punch Card yang berfungsi untuk mengontrol helai demi helai benang lusi. Cara kerjanya, dengan sistem tertentu bagian yang berlubang berfungsi untuk mengankat benang seperti yang kita lihat pada permukaan handuk yang berbentuk loop-loop benang, sebaliknya, bagian kartu yang tidak berlubang secara mekanik bisa diterjemahkan sebagai kode untuk tidak mengangkat benang lusi. Secara garis besar Punch Card berfungsi untuk mengatur benang lusi kapan untuk naik dan kapan turun.
Dalam proses pembuatan handuk , peran punch card ini sangat dominan karena mekanisme kerja yang dihasilkannya akan dapat membentuk corak atau motif handuk yang diinginkan. Gambar atau motif yang kita temui pada handuk adalah konfigurasi warna benang lusi yang diatur sedemikian rupa hingga membentuk gambar, punch card inilah yang berfungsi mengatur konfigurasi warna benang lusi tersebut.
Dalam perjalanannya, mesin jacquard ini mengalami perkembangan yang pesat hingga terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. Mesin Jacquard yang bersifat Mekanis/konvensional, yang mekanisme kerjanya menggunakan lembaran-lembaran kartu yang berlubang.
Punch Card - sumber : pustaka.blogdetik.com
  1. Mesin Jacquard yang bersifat Electronic/Otomatis dimana kartu-kartu berlubang itu digantikan dengan kode-kode electronic yang dikendalikan oleh sebuah system komputer. Kalau dalam jacquard mekanis, gambar yang dibuat oleh seorang designer dikonversikan kedalam mesin pembuat kartu, maka dalam mesin jacquard electronic , gambar yang dibuat oleh designer dikonversi kedalam format file yang bisa dibaca oleh system komputer mesin jacquard electronic tersebut. 
Jacquard Rapier Loom - sumber : qiguan.en.made-in-china.com

2 comments:

Anonymous said...

Salam.
Yaa..saya semakin mengerti. Af one.

Unknown said...

Terimakasih sangat bermanfaat