Print Friendly and PDF

Busana Yang Cocok Saat Wawancara Kerja

www.lazada.com
Panggilan untuk melakukan wawancara kerja adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pelamar kerja termasuk juga anda, karena 50% kemungkinan dapat diterima untuk bergabung pada perusahaan dimana anda melamar pekerjaan, namun ingat bahwa saat wawancara atau interview inilah nasib anda ditentukan apakah diterima atau tidak.

Perlu diperhatikan bahwa saat interview, tidak hanya kemampuan anda berbicara atau menjawab pertanyaan saja yang mesti diperhatikan, tetapi menyangkut penampilan, dimana penampilan anda merupakan salah satu kunci yang perlu diperhatikan, semakin baik penampilan, maka Anda juga akan semakin percaya diri. 

Pada penampilan terdapat aspek yang sangat penting yaitu masalah pakaian yang digunakan ketika melakukan wawancara, berpakaian dengan rapi dan sopan juga dapat menunjukkan profesionalisme Anda. Sehingga memungkinkan untuk membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan. ada beberapa tips dalam berpakaian saat wawancara kerja yang perlu diketahui.
  1. Hindari pemakaian parfum yang terlalu menyengat. Parfum dengan aroma yang terlalu menyengat dapat membuat orang yang berada di sekeliling Anda termasuk si pewawancara merasa pusing bahkan alergi sekalipun. Jadi sebaiknya kenakan parfum secukupnya saja. 
  2. Hindari pemakaian sepatu yang terbuka, mewah dan mencolok. Sebaiknya memakai sepatu kerja dengan hak tidak terlalu tinggi. Pastikan pula sepatu yang digunakan sesuai dengan warna dan model pakaian yang dikenakan. 
  3. Saat ingin melakukan wawancara kerja, jangan sampai memakai busana yang terlalu kasual. Alangkah baiknya mengenakan busana berupa kemeja, rok dan blazer. Dengan memakai pakaian tersebut, Anda mengkomunikasikan kepada pewawancara bahwa Anda dewasa, profesional dan bisa menjadi anggota dari sebuah tim. Hindari juga pakaian yang terlalu ketat. Selain tidak nyaman, pakaian yang terlalu ketat juga tidak enak untuk dipandang. 
  4. Pastikan pakaian Anda serasi. Cobalah untuk memilih warna yang netral seperti hitam, putih, biru gelap atau cokelat. Sebisa mungkin hindari warna yang terlalu cerah dan mencolok seperti pink dan merah menyala. 
  5. Tak sedikit dari Anda tentunya suka mengenakan perhiasan berupa cincin, kalung maupun gelang. Namun untuk wawancara kerja, sebaiknya tidak memakai perhiasan yang berlebihan, cukup kenakan satu atau dua cincin dan kalung yang simpel. 
  6. Sebaiknya saat wawancara kerja Anda tidak berlebihan dalam menggunakan make-up. Kenakanlah lipstik dan blush on dengan warna netral. Jangan sampai riasan wajah Anda terlihat seperti ingin pergi ke pesta. 
  7. Pastikan tatanan rambut Anda terlihat rapi dan konservatif. Jika rambut Anda panjang, usahakan untuk dikuncir atau tersisir rapi ke bawah. 
  8. Kuku Anda rapi sebaiknya tidak kotor. Sebelum memasuki ruang wawancara kerja, bercermin terlebih dahulu di toilet untuk memastikan tampilan Anda sempurna. 
  9. Jangan sampai Anda mengenakan pakaian yang terlalu seksi dan mini. Pakailah pakaian yang layak untuk dikenakan ke kantor. 
  10. Usahakan untuk rileks dan tenang ketika ingin masuk ke ruang wawancara kerja. Dengan begitu dapat membantu Anda terhindar dari perasaan gugup. Jangan lupa juga untuk selalu tersenyum.
Setelah anda memahami tips dalam berpakaian, berikut beberapa busana yang sebaiknya Anda miliki saat akan wawancara kerja.
  1. Setelan jas, Untuk pria, setelan jas merupakan salah satu busana yang wajib dimiliki. Jika ingin mendapatkan setelan jas yang benar-benar pas dengan badan Anda, maka sebaiknya buat di tukang jahit agar ukurannya sesuai. 
  2. Blazer, Sementara untuk wanita, blazer merupakan busana yang sangat Anda butuhkan untuk mengubah gaya kasual menjadi lebih formal. Anda bisa memadukannya dengan dress, rok dan stoking, atau celana dan blus. Sebaiknya pilih warna-warna gelap seperti hitam, biru navy, dan abu-abu yang mudah dipadupadankan. 
  3. Sepatu pantofel, Pria sebaiknya memiliki sepasang sepatu pantofel yang sesuai untuk gaya formal. Jika pakaian Anda sudah terlihat rapi, maka harus dilengkapi dengan sepasang sepatu yang rapi juga. Hindari memakai sepatu yang terkesan kasual seperti loafers dan sneakers. 
  4. Pump shoes, Sedangkan untuk wanita, sepatu pump shoes dengan model tertutup adalah pilihan aman. Pilih hak yang sesuai, sekitar 3-5 centimeter. Jika lebih tinggi dari itu, penampilan Anda malah terlihat seperti ingin pergi ke pesta bukan wawancara kerja. 
  5. Kemeja, Pakaian ini merupakan salah satu busana utama saat akan wawancara kerja, baik untuk pria maupun wanita. Pilih kemeja berwarna polos, bermotif garis, dan dalam warna-warna netral. Hindari motif yang terlalu ramai atau warna terang yang mencolok. Untuk wanita, bisa memilih kemeja berdetail jika tidak ingin terlihat terlalu kaku. 
Bagi anda yang tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara kerja, saya ucapkan semoga sukses.





Sumber : 











No comments: