Print Friendly and PDF

Tips Promosi yang Effektif

gambar : pusatbisnis.asia
Secara garis besar pengertian Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Agar promosi yang kita lakukan berjalan effektif selayaknya diciptakan strategi yang jitu sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dalam post ini saya coba paparkan tips agar promosi berjalan effektif dan effisien, diantaranya :
  1. Kenali terlebih dahulu produk barang dan jasa yang akan kita promosikan sehingga dari aspek ini kita dapat mengarahkan produk kita pada segmen konsumen yang tepat mis. produk buku SD yang kita produksi sebaiknya kita promosikan ke Sekolah tingkat dasar atau SD
  2. Penentuan Segment pasar dengan mempertimbangkan harga maupun kualitas produk, mis. apabila memiliki produk dengan kualitas yang menengah ke bawah dan harga yang relatif murah, maka promosi dapat kita arahkan kepasar tradisional dimana semua golongan ekonomi dapat menjangkaunya. Contoh lain apabila kita membuka usaha rumah makan dangan segmen menengah kebawah, maka ada baiknya anda mendesign rumah makan kita secara sederhana namun bersih dan sehat sehingga konsumen menengah kebawah terdebut tidak merasa segan untuk masuk dan makan di tempat kita.
  3. Rajinlah untuk mengunjungi event-event yang dihadiri oleh orang banyak baik sesama pengusaha atau masyarakat secara umum, jangan lupa siapkan brosur tentang produk maupun kartu nama yang didalamnya terdapat identitas perusahaan kita.
  4. Pilihlah media promosi yang tepat, perhatikan pula jangkauan dari media tersebut maupun audiense-nya. Jangkauan dari media ini terdiri dari 3 bagian, yaitu : Lokal, Regional dan Internasional. Lokal,  apabila kita hanya menghendaki promosi di daerah yang dekat dengan lokasi usaha kita atau dalam kota saja, maka media cetak seperti koran lokal dapat menjadi pilihan, atau media audio maupun audio visual seperti radio atau TV lokal, namun untuk anda yang akan mempromosikan ke seluruh nusantara, mungkin media TV Nasional dapat menjadi pilihan.
  5. Bagi anda yang mempromosikan lewat media cetak seperti billboard, baliho atau banner, design media tersebut secara bagus dan menarik perhatian dan gunakan huruf yang mudah dibaca. Pilih pula tempat yang tepat untuk menempatkan media promosi kita misalkan di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi oleh orang. Apabila billboard yang menjadi pilihan anda apalagi ditempatkan di pinggir jalan, usakan ukurannya cukup besar dengan huruf yang jelas dan mudah dibaca meskipun hanya selintas.
  6. Dan yang terakhir, karena promosi juga sering dikatakan sebagai “proses berlanjut”, maka rencanakan promosi kita untuk jangka  panjang tidak bersifat sementara atau temporary saja. Perlu dipahami bahwa promosi yang kita lakukan tidak hanya untuk memperkenalkan produk kita tetapi suatu proses branding atau menanamkan brand atau merek produk kita pada ingatan konsumen Menurut Saladin (2002:123), “Promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan mengingat produk tersebut”.  Promosi yang kita lakukan tidak serta merta membuat konsumen membeli barang atau menggunakan jasa kita tetapi secara tidak disadari promosi yang kita lakukan telah membuat konsumen akan mengingat produk kita. Proses Branding ini dapat berhasil apabila dilakukan terus menerus dan memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga promosi hendaknya direncanakan untuk jangka panjang.

No comments: