Print Friendly and PDF

Lari Ditempat Untuk Membakar Lemak

gambar : duniafitnes.com
Gaya hidup saat mutakhir ini memungkinkan kita mengkonsumsi berbagai makanan siap saji dengan pertimbangan waktu seperti halnya junk food atau gorengan dll , tanpa sadar makanan tersebut memiliki kadar lemak tinggi, yang dapat membuat timbunan lemak dalam tubuh semakin menumpuk. Kondisi demikian kerap menjadi sarang timbulnya berbagai penyakit seperti kolesterol, jantung, diabetes, hipertensi dan penyakit-penyakit lainnya. Berbagai upaya kerap dilakukan orang untuk mengimbangnya, yaitu dengan teknik pembakaran lemak dengan melakukan aktifitas fisik seperti halnya berolahraga.
Sebagian dari masyarakat melakukan aktifitas olah raga yang bersifat umum seperti Sepak bola, Bulu tangkis, sebagian lagi menggunakan jasa fitness center atau sejenisnya, namun tak sedikit juga melakukan aktifitas olah raga secara mandiri misalnya jogging, gerak jalan dll. Bagi anda yang ingin berolahraga namun malas ke luar rumah karena cuaca yang tidak bersahabat namun anda tidak memiliki sarana olah raga portable sejenis treadmill, anda bisa melakukan lari ditempat. Pada dasarnya semua latihan kardio bisa digunakan untuk membakar lemak tubuh, termasuk lari di tempat. Beberapa manfaat yang bisa antara lain meningkatkan kemampuan dan kondisi atletik tubuh, memperbaiki metabolisme glukosa dalam darah, yang berarti tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi lebih efisien, sekaligus memaksimalkan pembakaran lemak tubuh.

Manfaat Lain dari Lari di Tempat 

Selain untuk memaksimalkan pembakaran lemak tubuh, lari ditempat ini juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh keseluruhan, seperti: 

Menguatkan Otot Jantung

Jogging sering disebut olahraga kardiovaskular karena meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertingginya. Jantung akan memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan menjaga peredaran darah tetap lancar. Latihan ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hingga mencegah diabetes. 

Menguatkan Tulang dan Otot

Menurut studi yang dilakukan mahasiswa dari Birmingham University, lari di tempat dapat memperkuat otot dan menjaga kepadatan tulang secara bersamaan, terutama otot dan tulang pada kaki, pinggul dan punggung. Mereka menyatakan bahwa remaja yang gemar melakukan latihan kardio berpotensi mengurangi risiko osteoporosis hingga 60 persen di masa tuanya nanti. 

Membahagiakan

Lari dapat merangsang tubuh memproduksi hormon endorphin. Seperti kita ketahui bahwa hormon endorphin adalah hormon yang dapat memberikan perasaan bahagia dan nyaman. Perasaan ini akan senantiasa memberikan mood positif, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melindungi Anda dari stres berkepanjangan.

Kelebihan lain dari lari di tempat adalah, Anda tidak perlu menggunakan peralatan khusus. Cukup sepasang sepatu dan tekad yang kuat untuk melakukannya. Agar tidak membosankan, Anda juga bisa lari di tempat sambil mendengarkan musik atau menonton televisi. Setidaknya ini bisa menjadi bukti bahwa menurunkan berat badan bukanlah pekerjaan yang sulit dan yang jelas murah meriah.

Sumber :
http://id.she.yahoo.com/ini-lho-cara-paling-gampang-untuk-turunkan-berat-235732043.html


No comments: