Print Friendly and PDF

Pabrik Pemintalan

Pabrik tempat benang diproduksi atau lebih kita kenal dengan pabrik pemintalan yang disingkat PATAL adalah merupakan tempat proses pengolahan dimana kapas atau serat lain sebagai bahan baku benang disejajarkan seratnya satu sama lain dan dibentuk menjadi ukuran sesuai keinginan kemudian diberi pilinan/spin agar serat-seratnya menyatu dan tidak terlepas. Adapun proses pembuatan benang itu sendiri menggunakan mesin-mesin yang memiliki fungsi yang berbeda mulai dari bahan baku, hingga menjadi benang siap pakai/siap jual. Mesin-mesin tersebut antara lain :


1. Mesin Blowing

gambar : feriyulinanto wordpress
Pada mesin ini, bahan baku diolah dari serat mentah menjadi serat tunggal dan melepaskan serat atau benda-benda asing, simpul-simpul kusut serta gumpalan-gumpalan serat yang kusut dan pendek. Pada mesin ini pula, formulasi bahan baku diramu sesuai mutu benang yang diharapkan. Hasil akhir dari proses di mesin blowing ini menghasilkan lembaran serat yang berbentuk silinder /lap yang rata. 



2. Mesin Carding
gambar : machine-cotton.missouri.edu
Pada mesin ini serat dibersihkan, diurai serta dipisahkan mejadi serat panjang dan serat pendek, lap dari mesin blowing, nantinya akan berubah menjadi sliver









3. Mesin Combing
gambar : hubpages.com
Mesin sisir digunakan untuk menghilangkan serat-serat pendek dalam ikatan serat (sliver), meluruskan serat-serat panjang dan mensejajarkannya, dan menghilangkan nep dan abu. Namun dengan pertimbangan biaya produksi, tidak semua serat sliver melalui mesin ini. Benang yang melalui mesin ini disebut benang Combed, sedang yang hanya melalui mesin carding saja, dinamakan benang Carded.





4. Mesin Drawing
gambar : alibaba.com
Pada mesin ini sliver dari mesin carding dan mesin combing digandakan, ditarik dan diregangkan agar menjadi lebih rata. Penggandaan itu sendiri adalah merangkapkan 2 atau lebih sliver menjadi satu untai untuk mengurangi ketidak rataan sliver. Penarikan adalah menarik ikatan serat tebal menjadi kecil dengan menggunakan dua pasang rol yang mempunyai kecepatan yang berbeda.






5. Mesin Roving
gambar : oerlikontextile.com
Sliver dari mesin drawing masin terlalu tebal untuk langsung dimasukan ke mesin pemintalan, di mesin roving ini, sliver diperkecil hingga mencapai yang sesuai untuk dipintal. Sliver tadi dipilin untuk memberikan kekuatan / strength yang dikehendaki, kemudian digulung menjadi roving.








6. Mesin Pintal/Spinning
gambar : rieter.com
Pada mesin ini, roving ditarik menjadi ukuran yang  diharapkan dan diberi pilinan (Twist) biasanya ukuran pilinan itu dinyatakan dengan TPI / Twist Per Inch yang artinya jumlah pilinan per 1 inch benang. Pilinan itu sendiri berfungsi untuk memberikan kekuatan atau strength yang diinginkan. Dari mesin pintal ini, kita bisa lihat hasilnya berupa benang pintal.






7. Mesin Winding
gambar : shutterstock.com
Benang pintal dari mesin pintal/spinning ini akan berupa benang yang digulung pada bobin-bobin, dan untuk membuat benang tadi siap pakai, maka akan di gulung kembali ke media berupa cone yang diproses di mesin winding. Proses winding ini juga berguna untuk membuang benang-benang yang tidak kuat dan tidak rata.


1 comment:

Tommy said...

Saya menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
Untuk informasi bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:0813-1084-9918
Terima kasih